Januari 16, 2019

Kasih Sayang Terhadap Makhluk

Hadits Tentang Kasih Sayang Terhadap Makhluk


عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلرَّاحِمُوْنَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمٰنُ إِرْحَمُوْا مَنْ فِى الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ


Artinya :
Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar RA. Ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Orang-orang yang bersifat kasih saying, mereka disayangi Tuhan Yang Maha Pemurah. Maka hendaklah kamu semua menyayangi makhluk yang ada di bumi, niscaya makhluk di langit menyayangi kamu”.

Hikayat : Kasih Sayang Sahabat Umar bin Khattab ra. terhadap burung.

Pada suatu hari Sahabat Umar bin Khattab ra. bepergian di kota Madinah. Tiba-tiba ia melihat anak kecil sedang menggenggam seekor burung pipit, untuk bermain-main. Karena kasih sayang Sahabat Umar terhadap burung tadi, maka seketika burung itu dibeli oleh Umar dan dilepaskan. Setelah Umar wafat, mayoritas para Sahabat bermimpi berjumpa Umar dan bertanya.

Sahabat : "Bagaimana Allah berbuat pada anda?"
Umar : "Allah SWT. mengampuni aku dan membebaskan siksaanku".
Sahabat : "Apakah Sebabnya ? apa karena kedermawananmu, keadilanmu dan kezuhudanmu?"
Umar : "Ketika para manusia meletakkan aku dalam kubur dan menimbun aku lalu mereka pulang, jadilah aku sendirian di dalam kubur. Maka datanglah dua Malaikat masuk dalam kuburku. Akalku menjadi hilang dan anggota tubuhku gemetar ketakutan karena prabawa kedua Malaikat itu. Keduanya lalu memegang tanganku dan mendudukkan aku untuk menanyaiku. Kebetulan aku mendengar serua Hatif ( suara tanpa rupa) : "Wahai kedua malaikat, tinggalkanlah seorang hamba-Ku ini ! tidak usah engkau tanya dan tidak usah engkau takut-takuti!. Sebab Aku kasih sayang kepadanya dan Aku bebaskan siksaan baginya. Karena dia seorang yang kasih sayang kepada seekor burung pipit sewaktu di dunia. Maka di akhirat Aku kasih sayang kepadanya".

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Lokasi Kami

Jl. Proyek No. 347 Rt 10/03 Ngembul Kalipare, Ngembul, Kalipare, Malang, Jawa Timur 65166

Halaman

Total Tayangan Halaman

  ©YAYASAN SHIROTUL FUQOHA' KALIPARE

Template by Dicas Blogger | Topo